Thursday 9 October 2014

Wanita Ideal di Mata Pria


Usia rata-rata 23-28

Silahkan bertanyakan pada seorang pria berusia 50 tahun, berapa umur wanita yang dia inginkan untuk menjadi pasangannya atau pendamping dalam hidupnya. Jangan kaget bila sebagian besar menjawab, 25 tahun, atau hanya setengah dari usianya.

Wanita Ideal di Mata Pria

Tapi apabila pertanyaan yang sama diajukan pada  pria yang berusia 19 tahun, ia akan menjawab kisaran usia yang lebih tua darinya, namun tetap di kisaran dua puluhan. Begitulah hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Finlandia. Penelitian itu menemukan bahwa usia wanita ideal yang diinginkan para pria adalah 25 tahun.

“Usia wanita yang ideal bagi pria adalah antara 23 dan 28 tahun. Untuk pria sendiri bisa dari segala usia," begitu kesimpulan studi tersebut, dilansir Daily Mail.

Sayangnya tak semua pria mendapatkan wanita ideal menurut mereka. Jadi, aktor Jason Statham yang berumur 47 tahun mengencani model Rosie Huntington-Whiteley yang baru berumur 27 tahun, boleh berbangga.  Sebab, sebagian besar rekan-rekan Jason masih memimpikan seorang wanita 20 tahun atau hidup dengan wanita di atas 40 tahun, yang mereka temui bertahun-tahun silam.

Secara keseluruhan, penelitian dihasilkan dari survei 12.500 pria dan wanita yang meminta mereka menjawab tentang usia yang mereka inginkan untuk menjadi pasangan.

Sebagian besar pria, dari segala usia, mengatakan menyukai wanita berusia 24-25 sebagai usia yang ideal.

Menurut para ilmuwan, mimpi para pria itu cukup realistis, karena banyak wanita yang tertarik pada pria yang lebih tua dari mereka.

Fakta lainnya adalah bahwa di umur 25 tahun, wanita sedang berada di puncak kesuburan dan memiliki bentuk tubuh sempurna, yang menjadi faktor pemikat bagi lawan jenis. Selain itu, di usia tersebut, wanita juga lebih tertarik pada pria yang lebih tua, selain karena lebih dewasa mereka juga lebih mapan secara materi.

Pria tidak terlalu memandang fisik

Namun, jika melihat hasil survei yang dilakukan oleh Dr Devendra Singh dari Cambridge University. Menyatakan bahwa, pria menganggap wanita bertubuh kurus tidak terlalu menarik dan diasosiasikan dengan sifat ambisius dan agresif. Sementara, wanita yang memiliki pinggang padat dikaitkan dengan sifat keibuan yang penuh perhatian dan percaya diri. 

Seperti dikutip dari The Telegraph, bahkan para partisipan pria juga mengaku, tidak keberatan apabila memiliki pasangan wanita dengan berat badan berlebih 5 - 10 kg dari berat ideal. Selain itu, secara rinci mereka juga mendeskripsikan bahwa tubuh wanita seperti Shakira dan Jennifer Lopez adalah figur tubuh feminin, yang membuat mereka memuja keindahan seorang wanita.

Lalu lebih dalam lagi, hasil studi ini juga menuturkan bahwa pria tidak lagi bergairah dengan wanita berkepribadian lemah dan penurut. Sebaliknya, seperti yang diungkapkan oleh Barbara De Angelis, Ph.D, dalam bukunya yang berjudul Secrets About Men Every Women Should Know, bahwa di tengah tuntutan hidup yang semakin meningkat, pria zaman sekarang lelah menghadapi anak kecil yang terjebak dalam tubuh seorang wanita dewasa.

Pria mencari seorang wanita yang dapat dipercaya

Jika Anda ingin memenangkan hatinya, maka jadilah orang yang bisa ia percaya. Pria mencari pasangan yang bisa dipercaya dan bisa diandalkan. Sebagian wanita bukanlah sosok yang bisa dipercaya dan setia. Hal ini jelas membuat pria semakin waspada. Penting untuk diingat, bahwa tidak semua pria bisa memaafkan wanita tidak setia.

Pria mencari pendamping hidup juga wanita humoris

Hingga pada saatnya ingin berumah tangga, pria akan mencari seorang wanita yang bersedia menjadi pendamping hidupnya. Wanita yang gemar bersosialisasi, dan dapat diandalkan untuk mengikatnya dalam hubungan jangka panjang hingga berlanjut ke tahap keluarga.

Tim peneliti dari Kanada menemukan bahwa pria lebih tertarik pada wanita yang tetap menertawakan guyonannya meskipun itu tidak lucu. Hal yang sama juga diungkap survei yang digelar Men's Health. Pasalnya lebih dari 75 persen pembaca mengklaim bahwa selera humor adalah karakteristik terpenting yang harus dimiliki setiap wanita.

Di samping itu, pria juga menginginkan wanita yang memiliki selera humor. Apalagi menurut pria, tak sedikit wanita sering tampil kaku dan tegang di hadapan pasangan, bahkan sering merasa terganggu dengan lelucon pria. Wanita dengan selera humor tinggi dianggap sangat menarik bagi banyak pria.

Pria mencari wanita feminin, lembut, dan baik

Dalam mencari pasangan, pria juga mencari wanita yang lemah lembut dan tidak egois. Sebab itulah, banyak pria takluk pada sikap lemah lembut wanita. Kehadiran seorang wanita yang feminin, lembut, dan baik sangat penting dalam kehidupan mereka, pasalnya wanita seperti inilah yang nantinya akan berperan penting untuk membesarkan buah hati mereka.

Suka tersenyum

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Emotion mengungkap pria menganggap seorang wanita menarik jika mereka suka tersenyum. Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti meminta sejumlah partisipan pria dan wanita untuk menilai beberapa foto lawan jenis mereka. Di foto-foto itu ada yang tersenyum dan di foto lainnya beberapa orang tidak tersenyum sama sekali. Uniknya, partisipan wanita lebih memilih foto pria yang menunjukkan ekspresi serius, sebaliknya pria lebih tertarik pada wanita yang memperlihatkan gigi lewat senyumannya.

Berpendidikan tinggi

Pria dilaporkan lebih bahagia ketika memiliki pasangan yang berlatar pendidikan tinggi atau minimal memadai. Tapi pada waktu yang bersamaan, pria juga merasa kurang puas dengan kehidupan pernikahannya ketika sang istri menjadi pencari nafkah utama dalam keluarga. Hal ini dikemukakan sebuah studi yang ditampilkan dalam Journal of Sex Research.

Menyenangkan diajak ngobrol

Ini adalah faktor penting yang bahkan bisa mengalahkan faktor fisik. Pria mana pun tak akan ada yang mau berpacaran dengan wanita yang tak nyambung saat diajak ngobrol. Bukan berarti wanita itu kurang cerdas, tapi seringkali minat mereka berbeda. Si lelaki tertarik pada topik A, B, C, si wanita tertarik pada topik X, Y, Z. Masalah ini bisa diatasi dengan bersama-sama mencari topik apa yang kalian berdua sukai. Atau dengan saling membuka diri terhadap topik-topik baru. Siapa tahu si lelaki jadi bisa suka pada topik Z, dan si wanita bisa ikut suka topik A.

Tapi masalah ini juga bisa muncul jika si wanita terlalu pemalu. Sebenarnya mereka menyukai hal yang sama, namun si wanita terlalu takut untuk memulai percakapan. Ini sifat yang sebaiknya segera dihilangkan, setidaknya saat berhadapan dengan si dia. Jangan takut bertanya, memberi pendapat, dan memulai percakapan. Apa ruginya mengajak ngobrol, kan? Saat berbincang, jangan biarkan ada jeda kosong terlalu lama. Lontarkan pertanyaan santai tentang dirinya (“Dulu kuliah di mana?”), tentang barang yang dipakainya (“Sepatunya lucu deh. Beli di mana?”), atau tentang hal-hal lain yang memancing opininya (“Semalem nonton audisi Indonesian Idol, nggak? Agnes Monica jadi juri, menurut kamu oke gak?”).

Percaya diri dan bisa memegang kendali

Memang sudah dari sononya lelaki terlahir sebagai pemimpin dan ingin mengontrol segala sesuatu. Namun bukan berarti mereka menginginkan wanita yang hanya bisa nurut saja bagai kerbau dicocok hidung. Pria sangat kagum pada wanita yang tahu apa yang ia mau, dan tak sungkan mengatakannya. Contoh paling sederhana adalah saat ditanya, “Nonton film apa ya kita?” kebanyakan wanita menjawab, “Terserah”. Padahal sebetulnya ia sudah punya pilihan film dalam kepalanya. Mengapa harus takut pilihanmu berbeda dengan pilihan si dia? Setidaknya kita tahu apa yang kita inginkan, dan bukan hanya manut saja mengikuti pilihannya. Sesungguhnya pria juga lelah dengan wanita yang semuanya serba terserah.

Ini tak berlaku hanya saat sedang berduaan. Pria juga suka melihat wanita yang memegang kontrol dan tak hanya nurut saja menerima perlakuan dan perintah orang lain, baik di lingkungan pergaulan maupun di tempat kerja.

Keibuan

Tanpa disadari, pria akan mengajukan pertanyaan ini dalam benaknya, “Apakah wanita ini akan jadi ibu yang baik bagi anak-anakku?” Tak perlu “cari muka” pada anak-anak kecil untuk menunjukkan sifat keibuanmu. Cukup tunjukkan perhatian padanya. Ia juga tahu bahwa wanita yang perhatian dan bisa merawat serta menjaga orang-orang terdekatnya dengan baik, nantinya akan jadi istri dan ibu yang baik.

Fashionable tapi tak berlebihan

Pria senang terlihat “jalan bareng” dengan wanita yang terlihat keren. Tak perlu wajah dan tubuh bak supermodel, bila wanita merawat diri dengan baik dan punya selera mode yang baik, pria pun senang melihatnya. Tapi, hindari tren mode yang terlalu ekstrem dan terlihat “aneh” di mata kebanyakan orang. Pria senang jalan dengan wanita yang jadi pusat perhatian, tapi bukan diperhatikan orang karena dianggap aneh.

Tak suka mengeluh

Di Twitter, mengeluh tentang pekerjaan. Di BlackBerry Messenger, mengeluh tentang teman yang menyebalkan. Di status Facebook, mengeluh tentang gebetan. Saat bertemu, mengeluh tentang perilaku si adik yang bikin kesal. Mengeluh itu manusiawi, tapi jika yang keluar dari mulut kita hanya keluhan dan hal-hal negatif, bukan hanya pria yang akan menjauh, tapi juga teman-teman. Ingat, keluhan itu menular dan bisa merusak mood orang lain yang sedang bahagia.

Religius

Tak bisa dipungkiri, agama memiliki peran yang cukup penting bagi pria untuk memilih wanita idamannya. Meskipun pria tersebut tidak religius, ia akan merasa tenang jika mengetahui bahwa wanita idamannya dekat dengan agama. Bentuknya macam-macam, dari mulai yang sangat relijius (berjilbab, rajin solat 5 waktu, atau aktif di kegiatan gereja, dll), atau dekat dengan agama dalam hal keseharian, misalnya tak pernah melakukan hal-hal yang dilarang agama. Pria juga menganggap wanita religius nantinya akan jadi istri yang baik (meskipun pada kenyataannya belum tentu).

Kesimpulannya, sekarang pria lebih menggemari wanita dengan bentuk tubuh yang alamiah, apa adanya, cerdas dan tangguh dalam mengarungi bahtera kehidupan, yang kian hari kian sarat tantangan ini.

0 komentar:

Post a Comment